Di Tempat Ini, Rukun Itu Hal Niscaya

IMG_5541

Pagi ini sebenarnya saya lopot  lagi, kalau sudah lopot seperti ini maka jurus paling mudah adalah mengeluarkan mantra “ Lets Get Lost”.

Singkat cerita saya terdampar di pura Tirta Purwa Bhuwana, Pesanggaran. Hati-besar ingin mengikuti kelas yoga, cuma ingin ikut saja san tentunya foto narsis, tapi Alhamdulillah hari  Minggu yang dijanjikan Mas Hadi black –pembuat ogoh-ogoh ini tidak ada.

Tapi sepertinya Tuhan pagi kemarin tidak mau hambanya ini murung, takdir pun berkata lain. Tidak berhasil narsis dengan gambar suasana mengikuti yoga, saya masih bisa selfi bareng Romo Mangku.

****

Berbicara Pura, dan tempat ibadah lainnya di Banyuwangi, khususnya di kawasan selatan mungkin jaga utara mata kita akan terbelalak dan seperti ngremus uyah sinambi nyilem di samudera Hindia. Maksudnya adalah, di tempat ini, prasasti kerukunan umat beragama pathing jlenthrek. Jadi menurut saya sendiri secara pribadi, dari pada kita capek kampanye kerukunan beragama di Banyuwangi lebih menarik  jika kita kampanye bersih-bersih lingkungan. Lha bagaimana lagi, wong di sini sudah rukun.

Dan lagi lagi soal pura ini, sekitar dua bulan lalu saya dibikin mrongos juga di pura ini. Alkisah dengan pede saya menemui narasumber. Tanpa dinyana dia sudah biasa nulis di “The ja****** Post,” mateng wes..!

– Tulisan sekedar nggugurne kuat jiban